1. Logo Berwarna Merah Lebih Menarik Perhatian
source: istockphoto
Berdasarkan hasil studi dari University of Winnipeg, Kanada yang dikutip dari The Daily Meal, warna merah akan membuat orang lebih cepat dalam mengambil keputusan. Pada umumnya orang akan membutuhkan waktu selama 90 detik untuk melihat dan menilai sebuah produk baru, tapi 62-90 persennya akan menilai sesuatu berdasarkan warna. Studi ini juga menunjukkan bahwa warna merah termasuk sangat efektif dalam menarik perhatian pelanggan. Berdasarkan hal tersebut, merah adalah warna yang paling cocok untuk memasarkan sebuah produk, termasuk makanan. Warna merah secara alam bawah sadar akan membuat orang mudah menetapkan pilihan. Ketika dihadapkan pada dua restoran dengan warna merah dan ungu misalnya, maka orang akan dengan cepat memilih warna merah. Bukan cuma pada logonya saja lho, pandangan dan perhatian kita pun tentu akan lebih tertuju pada tulisan daftar menu yang menggunakan warna merah kan?2. Warna Merah Sangat Mencolok dan Mudah Dilihat dari Jauh
source: istockphoto
Gerai restoran fast food umumnya menempati lokasi yang strategis dan ukuran bangunannya juga bisa dibilang cukup besar. Dari dekat memang arsitektur bangunan sangat menarik perhatian, akan tetapi kalau dari jarak jauh, pemilihan warna lah yang lebih diandalkan untuk menarik perhatian. Gak mengherankan kalau banyak papan nama restoran yang dipasang dengan warna mencolok dan ditempatkan di posisi tinggi. Orang yang melihat papan nama tersebut dari jauh akan otomatis mendekat dan melihat lebih dalam lagi.3. Memancing Nafsu Makan
source: istockphoto
Ternyata bukan cuma tampilan atau presentasi makanan saja lho yang bisa memancing nafsu makan, tetapi juga soal warna. Sebelum kita memasukkan makanan ke dalam mulut, pasti kita akan lebih dulu memperhatikan tampilan makanan. Selain itu warna di sekitaran, baik itu meja makan, pakaian orang di sekitar, hingga ruangannya juga jadi perhatian. Dikutip dari Insider, warna merah terbukti bisa merangsang hasrat dan nafsu makan kita dan memicu perasaan lapar bahkan setelah kita selesai makan. Warna merah yang cerah akan membuat selera makan kita meningkat berkali lipat dan lahap menyantap makanan yang tersaji. Gak heran kan, kalau orang tetap saja mampir berkunjung ke restoran fast food meskipun nggak lagi laper banget.4. Teori Saus Tomat dan Mustard
source: freepik
Restoran fast food juga biasanya menyediakan saus seperti saus tomat dan sambal sebagai pelengkap makanan ayam goreng, burger, atau french fries. Saus tersebut juga identik dengan warna merah kan. Selain mengandalkan warna merah, para gerai fast food tersebut juga mengkombinasikannya dengan warna kuning. Bisa dilihat seperti pada contoh McDonald’s, Burger King atau Hoka-Hoka Bento. Kombinasi kedua warna tersebut melambangkan kebahagiaan dan keramahan, unsur penting dari pelayanan dalam industri kuliner. Warna merah dan kuning juga menghidupkan imajinasi orang akan burger atau ayam goreng yang dilengkapi dengan saus tomat atau sambal dan saus mustard. Kombinasi warna inilah yang dinamakan “Teori Saus Tomat dan Mustard”. Nah itu tadi Nibblers, alasan dibalik desain logo fast food berwarna merah. Bukan cuma pada gerai restoran terkenal dari Amerika Serikat saja yang sudah menggunakan teknik ini. Beberapa gerai resto di Indonesia juga sudah mengadopsi trik ini. Kalau kalian punya keinginan jadi enterpreneur di bidang industri kuliner, teknik dan trik ini bisa banget untuk diaplikasikan.