Fine Dining VS Casual Dining
Sebelum Anda lebih jauh mencari tahu tips untuk meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan table turnover, ada hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Jika Anda pemilik restoran casual yang berfokus pada tingkat table turnover yang tinggi, Anda bisa mengaplikasikan tips yang akan kita bahas. Sedangkan untuk restoran fine dining umumnya berfokus pada pengalaman pelanggan selama makan di restoran. Rasanya kurang tepat untuk mengaplikasikan tips ini di restoran fine dining. Meski begitu, pemilik restoran fine dining bisa memodifikasi tips berikut ini untuk memaksimalkan table turnover.1. Pastikan Seating System di Restoran Sudah Terorganisir
Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan melalui table turnover adalah dengan memastikan seating system yang Anda miliki sudah terorganisir dengan baik. Agar ini bisa dilakukan, pastikan komunikasi antara servers dan hosts di restoran berjalan dengan baik. Begitu server member billing ke pelanggan dan meminta staf lain untuk membersihkan meja, server harus segera memberi tahu host kalau sebentar lagi ada meja kosong yang bisa digunakan pelanggan. Ini akan mempermudah host untuk memanggil pelanggan yang tercatat di waiting list untuk bersiap-siap dan mengantarkan mereka tempat duduknya. Semakin cepat host mengantarkan pelanggan ke tempat duduknya, semakin sedikit pula waktu yang terbuang sia-sia saat meja dalam keadaan tidak terisi. Agar proses ini berjalan lebih cepat, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:- Tulis nama pelanggan yang berada dalam antrean sehingga saat ada meja kosong, mereka bisa langsung segera menempati meja tersebut.
- Tempatkan waiting area dekat dengan tempat berdirinya host sehingga mereka tidak kesulitan memanggil pelanggan sesuai dengan nomor antreannya.
- Batasi reservasi meja hanya untuk pelanggan yang sudah datang ke restoran. Jadi Anda tidak perlu berurusan dengan pelanggan yang datang terlambat setelah melakukan reservasi melalui telepon.
2. Pastikan Staff Restoran Anda Bekerja dengan Sigap
Cara lain untuk meningkatkan penjualan melalui table turnover adalah dengan memastikan pelayan bekerja sesuai dengan sigap. Jika pelayan tidak sigap dan langsung menghampiri pelanggan yang memanggilnya, itu artinya tingkat table turnover akan semakin menurun. Selain itu, pelanggan yang harus menunggu pelayan datang saat mereka sudah sangat lapar juga akan memperburuk citra restoran Anda. Agar ini bisa berjalan dengan baik, Anda bisa melakukan beberapa strategi berikut ini:- Pastikan pelayan melayani pelanggan dengan cepat di menit pertama mereka menempati mejanya. Tanyakan pesanan minuman terlebih dahulu dan segera antarkan ke pelanggan.
- Pelayan bisa bertanya kepada pelanggan apakah mereka pernah mengunjungi restoran ini sebelumnya. Jika belum pernah, pelayan bisa langsung merekomendasikan menu andalan.
- Jika pelanggan datang dengan banyak teman atau keluarganya, sebaiknya tugaskan dua pelayan untuk melayani meja tersebut.
- Bersihkan piring kotor saat pelanggan sudah menghabiskan makanannya. Ini akan lebih menghemat waktu dibanding jika piring kotor dibersihkan saat pelanggan sudah pergi.
- Pastikan ada persediaan sendok dan garpu bersih sehingga setelah pelanggan pergi, meja bisa dibersihkan dengan segera.
- Berikan bill sebelum pelanggan memintanya. Dengan memberikan bill saat pelanggan sedang menghabiskan makanan penutupnya, Anda tidak perlu menunggu mereka untuk meminta bill.
- Jika pelanggan tidak meninggalkan mejanya segera setelah mereka membayar bill dan ada antrean panjang yang menunggu, tidak apa-apa jika Anda meminta mereka untuk meninggalkan restoran dengan sopan agar Anda bisa melayani pelanggan yang sudah menunggu.