Fine Dining VS Casual Dining
1. Pastikan Seating System di Restoran Sudah Terorganisir
- Tulis nama pelanggan yang berada dalam antrean sehingga saat ada meja kosong, mereka bisa langsung segera menempati meja tersebut.
- Tempatkan waiting area dekat dengan tempat berdirinya host sehingga mereka tidak kesulitan memanggil pelanggan sesuai dengan nomor antreannya.
- Batasi reservasi meja hanya untuk pelanggan yang sudah datang ke restoran. Jadi Anda tidak perlu berurusan dengan pelanggan yang datang terlambat setelah melakukan reservasi melalui telepon.
2. Pastikan Staff Restoran Anda Bekerja dengan Sigap
- Pastikan pelayan melayani pelanggan dengan cepat di menit pertama mereka menempati mejanya. Tanyakan pesanan minuman terlebih dahulu dan segera antarkan ke pelanggan.
- Pelayan bisa bertanya kepada pelanggan apakah mereka pernah mengunjungi restoran ini sebelumnya. Jika belum pernah, pelayan bisa langsung merekomendasikan menu andalan.
- Jika pelanggan datang dengan banyak teman atau keluarganya, sebaiknya tugaskan dua pelayan untuk melayani meja tersebut.
- Bersihkan piring kotor saat pelanggan sudah menghabiskan makanannya. Ini akan lebih menghemat waktu dibanding jika piring kotor dibersihkan saat pelanggan sudah pergi.
- Pastikan ada persediaan sendok dan garpu bersih sehingga setelah pelanggan pergi, meja bisa dibersihkan dengan segera.
- Berikan bill sebelum pelanggan memintanya. Dengan memberikan bill saat pelanggan sedang menghabiskan makanan penutupnya, Anda tidak perlu menunggu mereka untuk meminta bill.
- Jika pelanggan tidak meninggalkan mejanya segera setelah mereka membayar bill dan ada antrean panjang yang menunggu, tidak apa-apa jika Anda meminta mereka untuk meninggalkan restoran dengan sopan agar Anda bisa melayani pelanggan yang sudah menunggu.